Panduan Pengaduan Daftar CPNS Bermasalah

Pemberlakuan proses penerimaan CPNS dengan sistem online tentunya mempunya dampak positif dan negatif. Untuk dampak positif tentunya dapat mempermudah pendaftaran tanpa harus antri berjam-jam dikantor BKPP dan juga katanya bisa meminimalisir tingkat kecurangan melalui calo.
Walaupun demikan, pemberlakuan sistem penerimaan CPNS secara online juga mendapati beberapa masalah yang berakibat pada tidak bisanya para pelamar mendaftarkan diri. Jika anda salah satu calon pelamar CPNS yang bermasalah pada saat melakukan pendaftaran di portal nasional sebaiknya anda baca panduan pengaduan berikut:

1. Apabila ada masalah terkait dengan NIK, dapat mengirimkan email dengan prosedur :
       a. Kirimkan email pengaduan ke panselnas@menpan.go.id
       b. Subject Penulisan Email Pengaduan [Pengaduan Permasalahan NIK].
       c. Email diisi biodata lengkap sesuai KTP.
       d. Lampirkan bukti KTP atau E-KTP dan ijazah SMA / akta kelahiran didalam email.
       e. Email dengan data tidak lengkap tidak akan diproses.
 
2. Apabila ada masalah terkait dengan email Anda, dapat mengirimkan email dengan prosedur :
      a. Kirimkan email pengaduan ke info@panselnas.id
      b. Cantumkan semua data yang Anda isi saat mendaftar.

3. Apabila pengisian formulir pendaftaran anda ulang karena pengisian sebelumnya berhenti ditengah jalan atau tidak tuntas, dan muncul peringatan "NIK tidak valid atau sudah terdaftar", maka anda dapat langsung login ke portal instansi minimal 1x24 jam. Daftar portal instansi dapat dilihat di tautan ini.

4. Apabila sudah mendaftar akan tetapi tidak mendapat email pemberitahuan dari panselnas, maka dengan menggunakan NIK dan  password yang anda daftarkan dapat langsung login ke portal instansi minimal 1x24 jam. Daftar portal instansi dapat dilihat di tautan ini.

5. Apabila mengalami kesulitan login di portal instansi atau sscn.bkn.go.id., harap mengirimkan e-mail ke panselnas@menpan.go.id dengan subjek [Pengaduan Login] dengan isi mencantumkan semua data yang Anda isi saat mendaftar.

6. Harap tekan ctlr + F5 pada keyboard anda untuk update halaman portal panselnas

7. Apabila ada masalah terkait dengan web Panselnas yang tidak dapat diakses, Anda dimohon untuk bersabar dan terus mencoba karena traffic sedang padat.  Apabila ada error (hanya sebentar) disebabkan padatnya traffic tersebut.

PENTING!
Pindah pilihan instansi dengan dalih dan alasan apapun tidak diperbolehkan.

Sumber: panselnas.menpan.go.id

Posting Komentar

1 Komentar

  1. KISAH SUKSES Lolos jadi PNS Guru di lingkungan PEMDA daerah SULAWESI TENGGARa.assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar KOLAKA SULAWESI TENGGARA Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah berkali2 mengikuti ujian, dan membayar 40jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no tlp Bpk.DEDE JUNAEDY MSi Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya selaku kepala DIT PENGADAAN PNS.saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar,allhamdulillah tentunya sy pun sangat gembira sekali.Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan,ini adalah kisah nyata dari saya,untuk hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita meminta dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN PUSAT,dan dialah yang membantu kelulusan saya.Alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi Direktorat Pengadaan PNS Drs.DEDE JUNAEDY Msi.No Tlp ; 085200 939394, siapa tau beliau mau membantu.

    BalasHapus