Moratorium CPNS 2015, beberapa Formasi tetap dibuka

Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Krisnandi mengatakan bahwa mulai tahun depan pemerintah melakukan moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa 30 Desember 2014, dia mengatakan penerimaan CPNS baru akan diseleksi ketat untuk bidang pekerjaan tertentu.

Yuddy menyebutkan, beberapa formasi CPNS yang akan tetap dibuka pada tahun depan, seperti guru, tenaga medis, tenaga fungsional penyuluh pertanian, dan penyuluh kesehatan. Kemudian, ahli pengairan, tata kota, teknik sipil, dan ahli mitigasi bencana.

“Itu tetap kita perlukan, jadi tetap ada. Tetapi, kalau hanya sekadar sekretaris, tenaga keamanan, kan tidak perlu semua jadi PNS,” ujarnya.

Yuddy mengungkapkan, moratorium tersebut dilakukan untuk memetakan berapa kebutuhan riil pegawai baru di pemerintahan. Tidak hanya pemerintahan pusat, tetapi juga pemerintahan daerah.

“Ada daerah yang kebanyakan PNS-nya dan ada yang kurang. Jadi, yang banyak ditaruh ke daerah yang kurang,” kata dia.

Sementara itu, bagi PNS yang saat ini sudah ada akan ditingkatkan efektifitasnya. Sehingga, anggaran yang dikeluarkan pemerintah dapat efisien.

Moratorium ini juga ditegaskannya, tidak akan mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. “Malah akan lebih simple dan responsif terhadap pelayanan publik,” tegasnya.(PPCI)

Posting Komentar

0 Komentar