Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 170 Tahun 2013 dan dalam rangka mengisi
Formasi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Perencanaan
Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, maka akan
dilakukan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi
Tahun Anggaran 2013 dengan ketentuan sebagai berikut :
I. Kualifikasi Pendidikan
No.
|
Pendidikan
|
Program Studi/Jurusan
|
Jabatan
|
Formasi
|
1.
|
Sarjana (S.1)
|
Akuntansi
|
Auditor
|
1 Orang
|
2.
|
Sarjana (S.1)
|
Ekonomi Manajemen
|
Perencana
|
2 Orang
|
3.
|
Sarjana (S.1)
|
FISIP/Sosiologi
|
Perencana
|
3 Orang
|
4.
|
Sarjana (S.1)
|
FKM/Adm. Kebijakan Kesehatan
|
Perencana
|
1 Orang
|
5.
|
Sarjana (S.1)
|
Hubungan Internasional
|
Perencana
|
1 Orang
|
6.
|
Sarjana (S.1)
|
Hukum Perdata
|
Perencana
|
2 Orang
|
7.
|
Sarjana (S.1)
|
Ilmu Administrasi
|
Perencana
|
1 Orang
|
8.
|
Sarjana (S.1)
|
Ilmu Komunikasi
|
Perencana
|
1 Orang
|
9.
|
Sarjana (S.1)
|
Ilmu Ekonomi *)
|
Perencana
|
12 Orang
|
10.
|
Sarjana (S.1)
|
Pertanian/Statistik Pertanian
|
Perencana
|
1 Orang
|
11.
|
Sarjana (S.1)
|
Peternakan/Kedokteran Hewan
|
Perencana
|
1 Orang
|
12.
|
Sarjana (S.1)
|
Planologi/Perencanaan Wilayah
|
Perencana
|
4 Orang
|
13.
|
Sarjana (S.1)
|
Psikologi
|
Perencana
|
1 Orang
|
14.
|
Sarjana (S.1)
|
MIPA/Biologi
|
Perencana
|
1 Orang
|
15.
|
Sarjana (S.1)
|
Statistik
|
Perencana
|
2 Orang
|
16.
|
Sarjana (S.1)
|
Teknik
Fisika
|
Perencana
|
2 Orang
|
17.
|
Sarjana (S.1)
|
Teknik Industri
|
Perencana
|
1 Orang
|
18.
|
Sarjana (S.1)
|
Teknik Komputer
|
Perencana
|
2 Orang
|
19.
|
Sarjana (S.1)
|
Teknik
Lingkungan
|
Perencana
|
1 Orang
|
20.
|
Sarjana (S.1)
|
Teknik Sipil
|
Perencana
|
2 Orang
|
21.
|
Magister (S.2)
|
Ilmu Ekonomi
|
Perencana
|
2 Orang
|
22.
|
Doktor (S.3)
|
Ilmu Ekonomi
|
Perencana
|
2 Orang
|
23.
|
Doktor (S.3)
|
Sosiologi
|
Perencana
|
1 Orang
|
II. Syarat Pendaftaran
A. Persyaratan Umum :
1. Warga Negara Indonesia, berusia maksimum 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013;
2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan
Pengadilan, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri
atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai
BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI;
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
6. Berkelakuan baik;
7. Berbadan sehat (jasmani dan rohani, serta tidak buta warna).
B. Persyaratan Khusus :
1. Berijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang telah ditetapkan diatas;
2. Terakreditasi A bagi Perguruan Tinggi Swasta dari BAN - PT dan
untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Depdiknas.(Surat
Tanda Lulus Sementara Tidak Berlaku);
3. Pelamar merupakan lulusan :
3.1 Sarjana (S.1) dari Universitas Negeri dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol nol);
3.2 Sarjana dari Universitas Swasta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 (tiga koma dua lima);
3.3 Master/Magister (S.2) dari Universitas Negeri dengan Indeks
Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 (tiga koma dua lima) dan
mendapatkan legalisir dari Direktorat Pendidikan Tinggi;
3.4 Master/Magister (S.2) dari Universitas Swasta dengan Indeks
Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,50 (tiga koma lima nol) dan
mendapatkan legalisir dari Direktorat Pendidikan Tinggi;
3.5 Doktor (S.3) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,50
(tiga koma lima nol) dan mendapatkan legalisir dari Direktorat
Pendidikan Tinggi;
III. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dan ketentuan tata cara pelaksanaan tes secara
lengkap dapat dilihat di http://rekrutmen.bappenas.go.id terhitung mulai
tanggal 11 September 2013;
2. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan
cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas
sebagai berikut :
2.1 Pas Foto berjenis JPG File berukuran maksimal 100 kb (kilobyte);
2.2 File hasil scan Kartu Tanda Penduduk berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 400 kb (kilobyte)
2.2 File hasil scan ijazah dan transkrip berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 800 kb (kilobyte)
Asli Kartu Tanda Penduduk, Asli Ijazah dan Asli Transkrip wajib dibawa Saat Pengambilan Kartu Peserta Ujian;
3. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.
IV. SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN1. Seleksi melalui 5 (lima) tahap dengan yang meliputi:
1.1. Seleksi Administrasi;
1.2. Tes Kemampuan Dasar (TKD);
1.3. Tes Potensi Akademik (TPA);
1.4. Tes Bahasa Inggris;
1.5. Psikotes;
1.6. Tes Wawancara.
2. Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus
seleksi administrasi pada tanggal 1 Oktober 2013 melalui portal
http://rekrutmen.bappenas.go.id
0 Komentar