Beasiswa Afirmasi S2 / S3 LPDP Tahun 2016

A. GAMBARAN UMUM
LPDP Selain beasiswa reguler LPDP, yakni BPI Program Magister dan Doktoral, saat ini juga dibuka Beasiswa Afirmasi 2016 LPDP. Bedanya Beasiswa Afirmasi menyasar kelompok masyarakat tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus, misalnya mereka yang menetap di daerah tertinggal atau terluar di Tanah Air, sehingga secara ekonomi maupun sumber daya manusia masih di bawah rata-rata. Lihat daftarnya. Pada saat yang sama beasiswa Afirmasi LPDP juga bisa diikuti bagi mereka yang merupakan alumni penerima beasiswa Bidikmisi atau masyarakat yang berprestasi dari keluarga miskin yang memiliki IPK 3.50.

Tidak itu, saja bagi masyarakat yang telah berjasa membawa nama bangsa Indonesia dalam bidang olahraga dan seni budaya baik di tingkat nasional maupun internasional juga diberi kesempatan untuk mendaftar Beasiswa Afirmasi LPDP 2016. Nah, jika Anda memenuhi salah satu kriteria yang dimaksud, ada baiknya untuk tidak melewatkan peluang beasiswa Afirmasi LPDP ini.

B. DAERAH SASARAN
Sasaran dari Beasiswa Afirmasi sebagai berikut:
  1. Kelompok masyarakat yang berasal dari:
    • Daerah perbatasan; yaitu wilayah kabupaten/kota yang secara geografis dan demografis berbatasan langsung dengan negara tetangga dan/atau laut lepas. Kawasan perbatasan terdiri dari kawasan perbatasan darat dan laut, yang tersebar secara luas dengan tipologi yang beragam, mulai dari pedalaman hingga pulau-pulau kecil terdepan (terluar).
    • Daerah tertinggal; yaitu daerah dengan pencapaian pembangunan yang rendah dan diperhitungkan memiliki indeks kemajuan pembangunan ekonomi dan sumberdaya manusia di bawah rata-rata indeks nasional.
  2. Alumni penerima Bidikmisi dan kelompok masyarakat berprestasi dari keluarga miskin yang memiliki IPK Minimal 3,50.
  3. Kelompok masyarakat yang telah berjasa membawa nama bangsa Indonesia dalam bidang olah raga dan seni budaya baik di tingkat nasional maupun internasional.
  4. List daerah sasaran dapat anda unduh disini: 
C. PERSYARATAN DAN JADWAL SELEKSI
Untuk informasi detil tentang persrayatan dan jadwa seleksi selengkapnya silahkan kunjungi link berikut:
  • Informasi Persyaratan :
  • Informasi Jadwal seleksi:
  • Pendaftaran dilakukan secara online di: http://beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/
Sebelum mendaftar dan mengajukan aplikasi, Anda bisa membuat membuat akun terlebih dahulu dan mengkonfirmasi melalui alamat aktif yang digunakan. Setelah terdaftar, lengkapi formulir aplikasi online yang disediakan LPDP dan unggah semua dokumen aplikasi yang diperlukan berdasarkan keterangan persyaratan.

Pengajuan beasiswa Afirmasi LPDP dibuka sepanjang tahun, dan untuk 2016 tersedia dalam empat periode pendaftaran. Untuk periode I dibuka mulai 22 Oktober 2015 – 20 Januari 2016, periode II : 21 Januari – 15 April 2016, periode III: 16 April – 15 Juli 2016, periode IV: 16 Juli – 14 Oktober 2016. Sedangkan jadwal penetapan lulus seleksi administrasi periode I: 2 Februari 2016, periode II: 27 April 2016, periode III: 27 Juli 2016, dan periode IV: 27 Oktober 2016.

Pertanyaan terkait Beasiswa Afirmasi LPDP bisa disampaikan melalui email: cso.lpdp@kemenkeu.go.id atau telepon di nomor (021) 3846474.
    D.PERTANYAAN
    Segala bentuk pertanyaan mengenai BPI Program Afirmasi LPDP dapat disampaikan melalui email cso.lpdp@kemenkeu.go.id ataupun melalui telepon di nomor (021) 3846474.

    Sumber: http://www.lpdp.kemenkeu.go.id